KARAKTERISTIK
MANAJER PERUSAHAAN YANG INOVATIF
Kalau perusahaan bisa mencerminkan siapa pengelolanya
maka sebaliknya dapat pula dikatakan bahwa jika perusahaan ingin meraih sukses,
maka perusahaan tersebut harus memiliki karakter SDM yang sesuai dengan
karakter perusahaan. Konsekuensi yang dihadapi perusahaan yang meletakkan SDM
sebagai sumber keunggulan kompetitif , perusahaan memerlukan manajer-manajer
yang memiliki kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dan strategi
korporat, serta memiliki komitmen yang tinggi terhadap pencapaian visi, misi
dan tujuan perusahaan. Dua faktor ini mempengaruhi kualitas kontribusi individu
terhadap organisasi.
Salah satu ciri dari perusahaan yang potensial meraih
sukses adalah, perusahaan yang selalu melakukan inovasi atau perubahan baik
inovasi produk, inovasi proses maupun inovasi sistem yang terkait dengan
pemenuhan kebutuhan customers. Perusahaan tidak bisa lagi hanya berorientasi
pada inovasi produk karena produk cepat sekali mengalami keusangan sebagai
akibat intervensi produk-produk baru dalam industri. Inovasi proses dan sistem
juga harus menjadi pertimbangan. Tetapi yang paling penting diingat, inovasi
apapun yang dilakukan , tanpa dukungan SDM yang berkualitas, inovasi akan
terhenti.
Dalam persaingan yang semakin keras inovasi dalam
berbagai bentuk, menjadi strategi bisnis yang penting. Sebagai contoh, ada 44
perusahaan di Indonesia yang melakukan inovasi. Menurut versi majalah SWA ( 24
januari tahun 2001 ). Dari jumlah tersebut , tergolong 77 % perusahaan
melakukan inovasi produk, 16 % melakukan inovasi dalam proses dan hanya 7 %
yang melakukan inovasi sistem. Salah satu perusahaan yang pantas diperhitungkan
karena keberhasilannya melakukan inovasi adalah PT Aqua Golden Missisipi.
Keberhasilan itu karena faktor kepemimpinan yang tangguh yang tergolong memiliki
karakter modal intelektual ( intelectual capital ) yang tinggi.
Di muka telah disinggung bahwa , modal intelektual ini
merupakan terminologi yang menunjukkan kapasitas kemampuan yang dimiliki oleh
individu-individu karyawan sehingga mereka dapat memberikan ide-ide ,
informasi, pengetahuan yang sangat berarti bagi upaya pencapaian visi, misi dan
tujuan perusahaan. Jika kemampuan organisasi sudah menjadi sumber kekuatan
kompetitif, maka SDM dalam organisasi harus menjadi sumber keunggulan kompetitif
tersebut.
Keberhasilan perusahaan dalam persaingan akan terwujud
apabila perusahaan mampu menghimpun , mengembangkan dan mempertahankan karyawan
yang memiliki keahlian, pandangan ke depan dan pengalaman yang cukup untuk
menggerakkan perusahaan memasuki persaingan global. Kepemimpinan dalam
organisasi bisnis yang semakin memasuki era sebagai public company , akan
semakin terfokus pada kepemimpinan team atau shared leadership dan bukan lagi
mengandalkan kepemimpinan yang bersifat individual. Oleh karena itu, dari
setiap individu dalam perusahaan dituntut kompetensi-kompetensi tertentu
sebagaimana tim sepak bola atau tim olahraga lainnya yang memerlukan
keahlian-keahlian spesifik yang mampu memberikan kontribusi yang positif
terhadap pencapaian tujuan kerja tim.
0 comments:
Post a Comment