Wednesday, November 6, 2013

KARAKTERISTIK MANAJER PERUSAHAAN YANG INOVATIF



KARAKTERISTIK MANAJER PERUSAHAAN YANG INOVATIF

Kalau perusahaan bisa mencerminkan siapa pengelolanya maka sebaliknya dapat pula dikatakan bahwa jika perusahaan ingin meraih sukses, maka perusahaan tersebut harus memiliki karakter SDM yang sesuai dengan karakter perusahaan. Konsekuensi yang dihadapi perusahaan yang meletakkan SDM sebagai sumber keunggulan kompetitif , perusahaan memerlukan manajer-manajer yang memiliki kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dan strategi korporat, serta memiliki komitmen yang tinggi terhadap pencapaian visi, misi dan tujuan perusahaan. Dua faktor ini mempengaruhi kualitas kontribusi individu terhadap organisasi.
Salah satu ciri dari perusahaan yang potensial meraih sukses adalah, perusahaan yang selalu melakukan inovasi atau perubahan baik inovasi produk, inovasi proses maupun inovasi sistem yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan customers. Perusahaan tidak bisa lagi hanya berorientasi pada inovasi produk karena produk cepat sekali mengalami keusangan sebagai akibat intervensi produk-produk baru dalam industri. Inovasi proses dan sistem juga harus menjadi pertimbangan. Tetapi yang paling penting diingat, inovasi apapun yang dilakukan , tanpa dukungan SDM yang berkualitas, inovasi akan terhenti.
Dalam persaingan yang semakin keras inovasi dalam berbagai bentuk, menjadi strategi bisnis yang penting. Sebagai contoh, ada 44 perusahaan di Indonesia yang melakukan inovasi. Menurut versi majalah SWA ( 24 januari tahun 2001 ). Dari jumlah tersebut , tergolong 77 % perusahaan melakukan inovasi produk, 16 % melakukan inovasi dalam proses dan hanya 7 % yang melakukan inovasi sistem. Salah satu perusahaan yang pantas diperhitungkan karena keberhasilannya melakukan inovasi adalah PT Aqua Golden Missisipi. Keberhasilan itu karena faktor kepemimpinan yang tangguh yang tergolong memiliki karakter modal intelektual ( intelectual capital ) yang tinggi.
Di muka telah disinggung bahwa , modal intelektual ini merupakan terminologi yang menunjukkan kapasitas kemampuan yang dimiliki oleh individu-individu karyawan sehingga mereka dapat memberikan ide-ide , informasi, pengetahuan yang sangat berarti bagi upaya pencapaian visi, misi dan tujuan perusahaan. Jika kemampuan organisasi sudah menjadi sumber kekuatan kompetitif, maka SDM dalam organisasi harus menjadi sumber keunggulan kompetitif tersebut.
Keberhasilan perusahaan dalam persaingan akan terwujud apabila perusahaan mampu menghimpun , mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang memiliki keahlian, pandangan ke depan dan pengalaman yang cukup untuk menggerakkan perusahaan memasuki persaingan global. Kepemimpinan dalam organisasi bisnis yang semakin memasuki era sebagai public company , akan semakin terfokus pada kepemimpinan team atau shared leadership dan bukan lagi mengandalkan kepemimpinan yang bersifat individual. Oleh karena itu, dari setiap individu dalam perusahaan dituntut kompetensi-kompetensi tertentu sebagaimana tim sepak bola atau tim olahraga lainnya yang memerlukan keahlian-keahlian spesifik yang mampu memberikan kontribusi yang positif terhadap pencapaian tujuan kerja tim.

0 comments:

Post a Comment