KEUNGGULAN
KOMPETITIF
MELALUI
SUMBER DAYA MANUSIA
Keunggulan kompetitif perusahaan bisa dibentuk melalui
berbagai cara seperti menciptakan produk dengan desain yang unik, penggunaan
teknologi , desain organisasi dan utilisasi sumber daya manusia. Pengelolaan
organisasi atau perusahaan untuk membentuk keunggulan bersaing melalui cara
–cara seperti itu , dimasa yang akan datang , akan menjadi tema penting bagi
manajemen , disebabkan perubahan lingkungan ekonomi, politik , dan teknologi yang
cepat dan efek persaingan global , yang pada akhirnya bermuara pada perubahan
kebutuhan bisnis. Perubahan kebutuhan bisnis adalah perubahan terhadap kualitas
produk , desain produk dan kualitas pelayanan.
Oleh sebab itu, konsep tentang keunggulan kompetitif atau
keunggulan bersaing merupakan salah satu fokus perhatian yang penting dari
manajemen , sebagai upaya meletakkan organisasi atau perubahan pada posisi
persaingan pasar yang lebih kuat melalui kompetensi organisasi yang khas (
distinctive competence ) dibandingkan dengan kompetensi yang dimiliki
perusahaan –perusahaan pesaing.
Dalam kaitan dengan keunggulan bersaing melalui utilisasi
SDM, peran MSDM dalam konteks penciptaan keunggulan bersaing itu adalah,
meningkatkan kualitas kontribusi semua orang dalam organisasi dengan membagikan
sumber-sumber dukungan ( fasilitas, kompensasi ) kepada mereka agar perusahaan
mampu merespons perubahan tuntutan pasar secara efektif. Dengan demikian MSDM
melalui peran manajer SDM, manajer lini dan para profesional SDM, harus mampu
mempersiapkan , mengelola dan mempertahankan SDM yang memiliki kemampuan dan
komitmen yang tinggi agar mereka mampu memberikan kontribusi secara optimal
terhadap pencapaian tujuan organisasi.
Kemampuan bersaing organisasi melalui SDM berarti
meletakkan peran orang dalam perusahaan untuk selalu melakukan peningkatan
kualitas dan inovasi baik terhadap proses , sistem maupun produk yang melalui
cara ini, perusahaan diharapkan mampu mempertahankan , meningkatkan market
share atau memperluas pasar dibandingkan dengan kekuatan pesaing dalam
industri.
Dengan argumen seperti itu, bab ini akan membahas
bagaimana keunggulan kompetitif itu dibangun melalui utilisasi SDM secara
efektif. Alasan yang dapat dikemukakan adalah, semua faktor keunggulan untuk bersaing
seperti desain produk , teknologi dan organisasi pada akhirnya bertumpu pada
dukungan SDM. Ini artinya, keberhasilan perusahaan tidak hanya dicapai melalui
faktor-faktor keunggulan yang bersifat economic values seperti kekuatan aktiva
tetap dan modal kerja saja, tetapi juga ditemukan oleh keunggulan kompetitif
karyawan sebagai human capital.
Dalam definisi itu tersirat pengertian kunci bahwa faktor
manusia dalam implementasi strategi untuk menggali peluang-peluang yang
profitable dengan menciptakan keunggulan kompetitif organisasi sangat
menentukan. Organisasi memerlukan tenaga-tenaga manajerial dan tenaga operasi
yang capable yang memiliki visi dan kemampuan inovatif yang tinggi, yaitu
menciptakan nilai dan produk yang berdaya saing tinggi. Dalam hal ini, SDM
dipandang sebagai kunci menuju keberhasilan. Implikasi dari pandangan ini,
manajemen harus melakukan pencarian orang-orang yang mampu, melakukan pelatihan
dan pengembangan terhadap kemampuan itu, dan menciptakan lingkungan kerja atau
budaya perusahaan yang supportive sebagai cara meningkatkan motivasi kerja.
PERAN MSDM
Peran MSDM dalam membangun kemampuan organisasi dan
mempertahankan keunggulan kompetitif melalui faktor manusia dalam organisasi,
terwujud dalam tiga cara berikut :
· Melalui
proses implementasi strategi.
· Menjadi
bagian dari kesatuan strategik.
· Berperan
dalam menghadapi perubahan.
MELALUI IMPLEMENTASI STRATEGI
Strategi bisnis seringkali
mengalami kegagalan dalam implementasinya disebabkan ketidakmampuan para tim
manajemen pelaksana menerjemahkan strategi bisnisnya ke dalam perilaku praktek.
Kegagalan itu seringkali juga disebabkan oleh ketidaksamaan interpretasi
tentang visi dan misi organisasi. Karena itu, sangatlah penting bagi manajemen
menginformasikan dan membahas secara intensif tentang visi, dan misi strategik
organisasi kepada semua level pengambil keputusan dan karyawan sehingga
diperoleh pengertian yang sama tentang hal itu. Strategi SDM berperan melakukan
praktek-praktek MSDM dalam membentuk kemampuan-kemampuan dan keahlian yang
diperlukan untuk mendukung implementasi strategi bisnis yan dijalankan ( lihat
pembahasan tentang hal ini, pada bab 3 ).
MENJADI
BAGIAN DARI KESATUAN STRATEGIK
Setiap orang dalam organisasi memiliki fungsi-fungsi yang
saling terkait dalam proses mencapai tujuan strategik organisasi. Karena itu,
manajemen dapat membangun kemampuan organisasi dan mempertahankan keunggulan
kompetitif dengan membangun kesatuan strategik organisasi. Kesatuan strategik
ini ada bila semua karyawan pada berbagai level dan departemen memiliki
kontribusi dan komitmen yang sama terhadap pencapaian tujuan perusahaan.
BERPERAN
MENGHADAPI PERUBAHAN
Organisasi selalu menghadapi perubahan lingkungan yang
seringkali tidak dapat diduga. Oleh sebab itu , organisasi harus mampu
mengadopsi perubahan itu. SDM dalam organisasi harus terlibat dalam pengelolaan
perubahan itu dan kapasitas untuk mengelola perubahan itu bisa ditingkatkan
dengan cara menjalankan praktek-praktek MSDM secara tepat.
SUMBER DAYA MANUSIA
Hampir semua pakar SDM mengandalkan optimalisasi
penggunaan SDM sebagai kunci keunggulan kompetitif bagi organisasi.
Persoalannya adalah bagaimana membentuk kompetensi-kompetensi dan komitmen
karyawan baik secara individu atau kelompok guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan
organisasi dan mengintegrasikan kompetensi-kompetensi tersebut ke dalam proses
bisnis dan sistem manajemen yang dijalankan organisasi. Kualitas dan karakteristik
karyawan yang diperlukan oleh organisasi pada hakikatnya tidak terlepas dari
tantangan –tantangan bersaing yang akan dihadapi oleh organisasi sekarang
maupun di masa yang akan datang. Kerena itu, praktek-praktek MSDM harus mampu
membentuk kualitas kemampuan dan komitmen SDM yang sesuai dengan karakteristik
perusahaan baik melalui pendekatan lunak maupun pendekatan keras.
0 comments:
Post a Comment