MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN PERUBAHAN PARADIGMA MANAJERIAL
Dalam kaitan dengan beberapa perubahan paradigma
manajerial, MSDM lebih bisa dimengerti dengan jelas. Paradigma manajerial telah
berubah dari paradigma lama ke paradigma baru yaitu :
1. Dari Peran Individu ke Peran Kelompok
Kemampuan kerja
dalam upaya mencapai tujuan-tujuan organisasi tidak lagi terletak pada
kemampuan
Individu,
melainkan terletak pada kekompakan dan kemampuan sebuah tim. Disini membangun
tim
Yang kompak sangat
diperlukan.
2. Dari Satu Fungsi Kerja ke Fungsi Kerja Silang
Arogansi suatu
departemen ( fungsional ) terhadap departemen lain dalam organisasi yang
seolah-olah
Menyatakan
departemen tersebut adalah lebih penting atau lebih strategik , tidak bisa
dibenarkan.
Kerja sama (
koordinasi, komunikasi ) antardepartemen ( coss functional ) , adalah mutlak.
3. Dari Produktivitas ke Kualitas
Produktivitas
yaitu hasil , efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber-sumber daya ( SDM
material ,
Keuangan dan
sebagainya ), harus diikuti dengan peningkatan kualitas. Dalam pengertian SDM,
Peningkatan
kualitas ini berarti , peningkatan kualitas kemampuan, keahlian, pengetahuan ,
kualitas
Pelayanan dan
kualitas kontribusi atau partisipasi dalam pencapaian tujuan organisasi. Dalam
pengertian
Output,
kualitas produk lebih diutamakan dari pada kuantitas.
4. Dari Profit ke Kepuasan dan Nilai Pelanggan
Kepuasan
pelanggan sebagai stakeholders ( orang-orang yang berkepentingan dengan
organisasi ), telah
Menjadi salah
satu tujuan organisasi yang sama pentingnya dengan profit. Pada akhirnya
setelah faktor
Kepuasan , SDM
organisasi harus memahami apa arti penting penciptaan nilai-nilai pelanggan
bagi
Organisasi. “
Fanatisme “ pelanggan terhadap suatu produk adalah nilai. Salah satu kunci
terciptanya
Value ini
adalah melalui fungsi pelayanan karyawan.
0 comments:
Post a Comment